Minggu, 24 Maret 2013

Warga Setuju Rusun Kebon Kacang Dibongkar, Tapi...

ANDIKABAR.BLOGSPOT.COM - Rumah Susun Kebon Kacang (RSKK) di Tanah Abang, Jakarta Pusat, tahun ini memasuki usia 28 tahun. Rusun kedua yang dibangun di Jakarta ini dirasakan penghuninya sudah mulai rapuh.

"Bangunan sudah banyak yang retak, tangga juga ada yang goyang," ujar Dedy (43), di RSKK, Minggu (24/3/2013).

Dedy menghuni blok 8 rusun sejak RSKK diresmikan pada 1985 lalu. Ia sudah mendengar rencana Perumnas untuk membongkar rusun dan menggantinya dengan apartemen.

"Namanya orang kecil, saya setuju saja. Yang saya dengar, nanti akan ada tukar guling. Satu unit rusun diganti unit apartemen sesuai tipe," ujar Dedy.

Yod Alvon (42), penghuni blok 5 RSKK, mengaku dirinya tak menolak peremajaan gedung seperti yang direncanakan Perum Perumnas.

"Saya ikuti prosedur. Tapi, Perumnas jangan sampai ada penggusuran ke warga. Kami di sini beli ke Perumnas, dia sudah dapat uangnya, kami dapat hak unit rusun di sini," jelas Alvon sembari menunjukkan sertifikat kepemilikan atas unit rusun.

Peremajaan Rumah Susun Kebon Kacang hingga kini belum menemui titik terang. Warga masih dalam proses memperpanjang Hak Guna Bangunan (HGB), sedangkan Perumnas masih belum memutuskan mekanisme pemindahan warga. (asf)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar