Minggu, 24 Maret 2013

Penjara di Nigeria Diserang Pria Bersenjata, 127 Narapidana Kabur

ANDIKABAR.BLOGSPOT.COM - Tak hanya di Indonesia, insiden penyerangan di penjara juga terjadi di kawasan Afrika yang beribu-ribu kilometer jauhnya dari Tanah Air. Sekelompok pria bersenjata menyerang sebuah penjara di wilayah Adamawa, Nigeria. Akibat serangan ini, sebanyak 127 narapidana berhasil melarikan diri.

"Total 127 narapidana kabur saat serangan terjadi. Sejauh ini, kami belum berhasil menangkap kembali satupun dari mereka," ujar Kepala Penjara Adamawa, Andrew Barka, seperti dilansir AFP, Senin (25/3/2013).

Barka menuturkan, ada satu narapidana yang tertembak dan terluka parah di bagian kaki. Si narapidana ini pun tertinggal di dalam penjara yang terletak di kota Ganye ini. Sedangkan seorang sipir penjara tewas ditembak.

"Kami kehilangan seorang deputi pengawas yang bertugas di penjara Ganye ketika serangan terjadi. Dia tertembak mati oleh kelompok bersenjata," terang Barka.

Dijelaskan Barka, pintu gerbang penjara dirusak oleh para pelaku. Kemudian, lanjutnya, sel-sel tahanan dibuka secara paksa oleh kelompok bersenjata sehingga para narapidana yang ada di dalam pun bisa kabur dengan mudah.

Sementara itu, masih pada hari yang sama, Jumat (22/3), sekelompok pria bersenjata lain beraksi di sejumlah wilayah lain di Ganye. Mulai dari kantor polisi, bank, hingga kedai makanan diberondong senjata hingga menewaskan total 25 orang.

"Para pria bersenjata menggunakan bom, senapan otomatis, dan granat roket dalam serangan di penjara, kantor polisi, bank dan sejumlah kedai bir," terang juru bicara kepolisian setempat, Mohammed Ibrahim.

Lebih lanjut, Ibrahim mengaku tidak mengetahui berapa banyak uang yang dirampas pelaku dari bank. Sedangkan mengenai para pelaku, Ibrahim belum berani memastikan bahwa mereka merupakan anggota kelompok Islamis Boko Haram yang ketap melakukan serangan serupa di wilayah utara Nigeria. Aparat setempat masih menyelidiki lebih lanjut pelaku-pelaku serangan ini, yang dicurigai anggota geng kriminal setempat. (asf)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar