Senin, 25 Maret 2013

Versi Lembaga Survei Nasional, Partai yang Paling Terkorup

ANDIKABAR.BLOGSPOT.COM - Lembaga Survei Nasional (LSN) menyampaikan hasil survei mengenai partai politik. Hasilnya, Partai Demokrat dinilai partai yang paling korupsi. "Demokrat menurut persepsi publik merupakan partai terkorup," kata Direkturt Eksekutif LSN, Umar S Bakry di  dalam jumpa pers di Hotel Atlet Century, Senayan, Jakarta, Minggu (24/3/2013). Umar mengatakan faktor Mantan Ketua Umum Demokrat Anas Urbaningrum yang menjadi tersangka turut membuat partai tersebut terpuruk.

Umar juga mengatakan sentimen negatif terhadap Partai Demokrat dan partai-partai pendukung pemerintah semakin membesar. "Image Demokrat sebagai partai korup semakin menguat di persepsi publik," imbuhnya.
Umar juga mengungkapkan partai koalisi khususnya partai Islam  juga dinilai cenderung konservatif atau anti perubahan.

Dalam survei LSN, Demokrat menempati posisi pertama sebagai partai paling korup dengan presentase 70,4 persen, diikuti Partai Golkar di posisi kedua dengan 5,7 persen.

Adapun, survei LSN ini dilakukan pada 1-15 Maret 2013 di 33 Provinsi seluruh Indonesia. Populasi dari survei adalah seluruh penduduk Indonesia yang telah memiliki hak pilih dengan jumlah sample 1.230 responden yang diperoleh melalui teknik pencuplikan secara rambang berjenjang atau multistage random sampling.

Margin error dalam survei ini sebesar 2,8 persen. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara tatap muka kepada responden yang berpedoman pada quisioner. Survei ini juga dilengkapi dengan riset kualitatif melalui wawancara mendalam dan analisi media.

(andikasuaka)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar